PRODUKSI DAN PEMASARAN BREM RASA JAHE
Aning Murniati - Personal Name (Pengarang)
English
2018
: TEKNOLOGI INDUSTRI PANGAN
RINGKASAN
PRODUKSI DAN PEMASARAN BREM RASA JAHE Aning Murniati, NIM. B32150395, Tahun 2018, 52 hal, Program Studi Teknologi Industri Pangan, Jurusan Teknologi Pertanian, Politeknik Negeri Jember. Dosen Pembimbing: Ir. Abi Bakri, M. Si.
Brem padat adalah salah satu makanan hasil fermentasi yang banyak di produksi oleh industri rumah tangga di Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur . Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan brem padat adalah ketan putih dan telah di fermentasi selama 3 – 8 hari pada suhu 30°C. Diversivikasi produk brem padat perlu dilakukan untuk memberikan brem padat dengan ekstrak jahe. Brem dengan variasi rasa jahe belum di temukan di pasaran. pengembangan varian rasa brem padat dapat di lakukan untuk menyediakan pilihan bagi kosumen. Salah satu penambahan varian rasa brem adalah dengan mencampurkan ekstrak jahe, sehingga akan di hasilkan produk brem rasa jahe. Brem rasa jahe mempunyai cita rasa yang khas yaitu rasa manis pedas dan terasa hangat dalam tubuh, sehingga sangat cocok jika di konsumsi dalam udara yang dingin karena bisa menghangatkan tubuh.
Tujuan dari Proyek Usaha Mandiri ini adalah memproduksi brem rasa jahe yang dapat di terima oleh masyarakat serta mengetahui studi kelayakanya. Metodelogi yang di gunakan adalah optimasi proses, produksi dan pemasaran. Perhitungan analisa usaha meliputi rencana analisa usaha yang terdiri dari biaya tetap (Fixed Cost) dan biaya tidak tetap (variabel Cost). Parameter pengamatan yang di lakukan adalah sifat organoleptik warna, rasa, aroma dan tekstur brem rasa jahe.
Hasilnya di peroleh bahwa penggunaan ekstrak jahe 1:4 dari beras ketan, soda kue 0,5% dengan tingkat kematangan proses pemasakan selama 3 jam akan menhasilkan brem dengan kriteria warna kuning keemasan, aroma jahe kuat, rasa jahe agak kuat, serta tekstur empuk. Brem dengan kriteria tersebut di sukai oleh konsumen. Produksi brem rasa jahe dari jumlah ketan 40 kg menghasilkan 307 kemasan dan mencapai titik impas dengan keuntungan 31%, Rp.583.271dan B/C ratio sebesar1,31%.Penjualan brem rasa jahe yaitu secara langsung. Penjualan langsung secara tradisional pada konsumen serta transaksi online. Penjualan secara langsung tradisional lebih tinggi daripada secara online, dengan hasil presentase 59,06% dan secara online di peroleh presentase 37,5%.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Aning Murniati |
Pengarang |
Aning Murniati - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
|
No. Panggil |
|
Subyek |
TEKNOLOGI INDUSTRI PANGAN
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
|
Bahasa |
English |
Penerbit |
TEKNOLOGI INDUSTRI PANGAN |
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
20cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
Aning Murniati. (2018).
PRODUKSI DAN PEMASARAN BREM RASA JAHE().:TEKNOLOGI INDUSTRI PANGAN
Aning Murniati.
PRODUKSI DAN PEMASARAN BREM RASA JAHE().:TEKNOLOGI INDUSTRI PANGAN,2018.
Aning Murniati.
PRODUKSI DAN PEMASARAN BREM RASA JAHE().:TEKNOLOGI INDUSTRI PANGAN,2018.
Aning Murniati.
PRODUKSI DAN PEMASARAN BREM RASA JAHE().:TEKNOLOGI INDUSTRI PANGAN,2018.