ANALISIS KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM PASIEN BPJS DENGAN PENDEKATAN PDCA (PLAN, DO, CHECK, ACT) DI UNIT RAWAT INAP BRSU DAERAH TABANAN TAHUN 2017


Analisis Keterlambatan Pengajuan Klaim Pasien BPJS Dengan Pendekatan PDCA (Plan, Do, Check, Act) di Unit Rawat Inap BRSU Daerah Tabanan Tahun 2017. (Release of Delay Claim BPJS Patients improvement approach with PDCA (Plan, Do, Check, Act) On the Inpatient Unit of Regional BRSU Tabanan) Putu Chrisdayanti Suada Putri Program Studi Rekam Medis Jurusan Kesehatan ABSTRAK Berkas klaim adalah berkas yang digunakan sebagai bahan pengajuan klaim kepada pihak BPJS untuk mendapatkan penggantian biaya pelayanan yang telah diberikan oleh fasilitas kesehatan. Masalah yang terdapat di BRSU Daerah Tabanan adalah keterlambatan pengajuan klaim dari pihak rumah sakit kepada pihak verifikator BPJS. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui terdapat berkas klaim yang diajukan kepada pihak verifikator BPJS melebihi tanggal 10 bulan berikutnya, keterlambatan pengajuan klaim pada bulan januari 12,00 % , bulan Februari 6,53%, dan bulan Maret 7,30%. Tujuan penelitian ini adalah Melakukan analisis upaya perbaikan keterlambatan pengajuan klaim pasien BPJS, dengan menggunakan metode pendekatan PDCA (plan, do, check, act). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada tahapan Plan yaitu mencari faktor faktor penyebab keterlambatan pengajuan klaim, lalu meneliti faktor yang paling mungkin menyebabkan keterlambatan pengajuan klaim yaitu ketidaklengkapan persyaratan berkas klaim dan kesepakatan brainstorming plan yaitu solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan merencanakan penyusunan SPO pengajuan klaim. Tahapan Do yaitu peneliti membuat SPO dan petugas menerapkan SPO pada unit yang terkait. Tahapan Check yaitu mengecek keterlambatan pengajuan klaim yaitu didapat hasil pengajuan klaim di BRSU Daerah Tabanan sudah memenuhi target peneliti yaitu dapat menurunkan angka keterlambatan pengajuan klaim dari angka 12,00% hingga angka 0,21%. Tahapan Action didapatkan hasil kesepakatan bahwa SPO akan tetap diterapkan di BRSU Daerah Tabanan lalu akan dibentuknya tim untuk menangani keterlambatan pengajuan klaim. saran dari peneliti yaitu SPO akan ditempel di setiap unit , disosialisasikan setiap bulannya dan hendaknya diberlakukan reward dan punishment kepada petugas yang terkait dalam pengajuan klaim BPJS. Kata kunci : Klaim BPJS, PDCA, SPO



Analisis Keterlambatan Pengajuan Klaim Pasien BPJS Dengan Pendekatan PDCA (Plan, Do, Check, Act) di Unit Rawat Inap BRSU Daerah Tabanan Tahun 2017. (Release of Delay Claim BPJS Patients improvement approach with PDCA (Plan, Do, Check, Act) On the Inpatient Unit of Regional BRSU Tabanan)
Putu Chrisdayanti Suada Putri
Medical Records Study Program
Health Programs
ABSTRACT
Claim files are a file that is used as submission of claims to BPJS to get reimbursement of service charge which has been given by health facility. Problems that exist in BRSU Tabanan area is the delay of filing claims from the hospital to the verifier BPJS. Based on preliminary study it is known that there is a claim file submitted to the verifier BPJS over the next 10 months, the delay of claim submission in januari 12.00%, the month of February 6.53% and March 7.30%. The purpose of this study is to conduct analysis of efforts to improve the delay in submitting claims BPJS patients, using PDCA (plan, do, check, act) approach. This type of research is qualitative research. Based on the results of research on the stage of the Plan is to look for factors causing delay factor claims, then examine the factors that are most likely to cause the delay of claim submission is the completeness of claims file requirements and the brainstorming plan agreement is a solution that can be done that is by planning the preparation of SPO filing claims. Tahapan Do is the researcher make SPO and officer apply SPO on related unit. Stages of Check is to check the delay of claim submission that is the result of claim filing in BRSU Tabanan area has met the target of the esearcher that can decrease the number of claims submission delay from 12.00% to 0.21%. Action Stages obtained the agreement that the SPO will continue to be applied in BRSU Tabanan area and then the team will be formed to handle the delay of claim submission. suggestions from researchers that SPO will be affixed in each unit, socialized every month and should be applied rewards and punishment to the officers associated in the submission of claims BPJS.
Keywords: Claim BPJS, PDCA, SPO


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Putu Chrisdayanti Suada Putri
Pengarang Putu Chrisdayanti Suada Putri - Personal Name (Pengarang)
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek REKAM MEDIK
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit
Tahun Terbit 2018
Tempat Terbit JURUSAN KESEHATAN
Deskripsi Fisik 20 Cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
REKAM MEDIK

Citation

Putu Chrisdayanti Suada Putri. (2018).ANALISIS KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM PASIEN BPJS DENGAN PENDEKATAN PDCA (PLAN, DO, CHECK, ACT) DI UNIT RAWAT INAP BRSU DAERAH TABANAN TAHUN 2017(Publish).JURUSAN KESEHATAN:

Putu Chrisdayanti Suada Putri.ANALISIS KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM PASIEN BPJS DENGAN PENDEKATAN PDCA (PLAN, DO, CHECK, ACT) DI UNIT RAWAT INAP BRSU DAERAH TABANAN TAHUN 2017(Publish).JURUSAN KESEHATAN:,2018.Text

Putu Chrisdayanti Suada Putri.ANALISIS KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM PASIEN BPJS DENGAN PENDEKATAN PDCA (PLAN, DO, CHECK, ACT) DI UNIT RAWAT INAP BRSU DAERAH TABANAN TAHUN 2017(Publish).JURUSAN KESEHATAN:,2018.Text

Putu Chrisdayanti Suada Putri.ANALISIS KETERLAMBATAN PENGAJUAN KLAIM PASIEN BPJS DENGAN PENDEKATAN PDCA (PLAN, DO, CHECK, ACT) DI UNIT RAWAT INAP BRSU DAERAH TABANAN TAHUN 2017(Publish).JURUSAN KESEHATAN:,2018.Text

 



Media Sosial / Kanal

Facebook E-Library POLIJE Official
Youtube E-Library POLIJE Official
Instagram E-Library POLIJE Official

Address

UPT.Perpustakaan Politeknik Negeri Jember
JL. Mastrip PO BOX 164
E: perpustakaan@polije.ac.id