PENERAPAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PADA UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ABDOER RAHEM SITUBONDO
Kholilah - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2018
:
Penerapan Quality Function Deployment Untuk Peningkatan Mutu Pelayanan Pada Unit Rawat Inap Di RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo Pembimbing (1 Orang)
Kholilah
Program Studi Rekam Medik
Jurusan Kesehatan
Politeknik Negeri Jember
Abstrak
Unit Rawat Inap merupakan salah satu organiasasi pelayanan medis di rumah sakit tujuan kesembuhan dan pemulihan kesehatan pasien, kenyamanan dan keselamatan pasien, sikap dan perilaku pelayanan medis maupun nonmedis terhadap kepuasan pasien. Salah satu alat untuk pengukuran mutu layanan di Unit Rawat Inap adalah metode Quality Function Deployment . Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. 2) Pembuatan House Of Quality. 3) Melakukan tahap analisa quality function deployment. Hasil penelitian dan analisi disimpulkan: 1) Variabel-variabel yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap 5 dimensi antaranya: 14 atribut tangibles, 7 variabel reliability, 5 variabel responsiveness, 5 variabel assurance, dan 6 variabel empathy. 2) Tingkat kepuasan pasien terhadap layanan Unit Rawat Inap yaitu cukup memuaskan. Namun atribut yang merupakan kebutuhan pasien belum sesuai dengan harapan, dibuktikan dengan nilai gap negative pada atribut. 3) Tingkat harapan pasien/pelanggan tertinggi pada atribut “Obat-obatan disediakan oleh rumah sakit tanpa harus beli diluar” dengan nilai goal 4,61 dan tingkat harapan pasien/pelanggan terendah pada atribut “TV yang disediakan dikamar pasien” dengan nilai goal 3,80. 4) Prioritas kebutuhan pasien/pelanggan yang perlu untuk diperhatikan oleh Unit Rawat Inap adalah atribut “Obat-obatan disediakan oleh rumah sakit tanpa harus beli diluar ” dengan nilai normalized raw weight yaitu 0,0317. 5) Prioritas tindakan yang perlu dilakukan pertama kali oleh Unit Rawat Inap yaitu “Komputerisasi Administrasi Rumah Sakit” yang memiliki nilai normalized contribution tertinggi yaitu 0,046.
Kata kunci : Mutu Layanan, Quality Function Deployment, Unit Rawat Inap.
Penerapan Quality Function Deployment Untuk Peningkatan Mutu Pelayanan Pada Unit Rwat Inap Di RSDU dr. Abdoer Rahem Situbondo (Implementation of Quality Function Deployment for Service Quality Improvement In Inpatient Unit In dr. Abdoer Rahem Situbondo) Supervisor (1 Person) Kholilah Medical Record Study Program Department of Health State Polytechnic of Jember Abstract Inpatient Unit is one of a medical care organization in hospital that aim to heal and recover health of patient, comfort and patient safety, attitude and behavior of medical and nonmedical service to patient satisfaction. One of method to measure the service quality in Inpatient Care Unit is Quality Function Deployment method. The purpose of this research is: 1). to identify user needs. 2). making the House Of Quality. 3). doing the analysis steps of quality function deployment. The result and analysis concluded: 1). The variables that influence service quality to 5 dimensions such as: 14 atributes of tangible, 7 variables of reliability, 5 variables of responsiveness, 5 variables of assurance and 6 variables of empathy. 2). Level of satisfaction to Inpatient Unit service is satisfaction enough. But, the attribute that is patient needs is not fit with the expectation, proved by gap negative value of the attribute. 3). The highest level of the patient/user expectation is on atribute “Medicines are provided by the hospital without having to buy outside” by goal value 4.61 and the lowest level of the patient/user expectation is on attribute “Television is provided in patient’s room” by goal value 3.80. 4). The priority of patient/user needs that should be notice by Inpatient Unit is the attribute “Medicines are provided by the hospital without having to buy outside” by normalized raw weight value 0.0317. 5). The measure of priority that should be doing first by Inpatient Unit is “Computerized Administration of the Hospital” that having the highest normalized contribution value 0.046. Keywords: Quality of Service, Quality Function Deployment, Inpatient Unit.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Kholilah |
Pengarang |
Kholilah - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
REKAM MEDIK
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
|
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
20 Cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
Kholilah. (2018).
PENERAPAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PADA UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ABDOER RAHEM SITUBONDO(Publish).:
Kholilah.
PENERAPAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PADA UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ABDOER RAHEM SITUBONDO(Publish).:,2018.Text
Kholilah.
PENERAPAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PADA UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ABDOER RAHEM SITUBONDO(Publish).:,2018.Text
Kholilah.
PENERAPAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT UNTUK PENINGKATAN MUTU PELAYANAN PADA UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ABDOER RAHEM SITUBONDO(Publish).:,2018.Text