STRATEGI PEMASARAN BERAS JAGUNG PRODUKSI UD. HAPPY JAYA KRANJINGAN KABUPATEN JEMBER
Strategi Pemasaran Beras Jagung Produksi UD. Happy Jaya Kranjingan
Kabupaten Jember (Marketing Strategy of Maize Rice Production in UD. Happy
Jaya Kranjingan, Jember District)
Mohammad Reza Dahnan
Program Studi Manajemen Agroindustri
Jurusan Manajemen Agribisnis
ABSTRAK
Skripsi ini berjudul Strategi Pemasaran Beras Jagung Produksi UD. Happy Jaya
Kranjingan Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah (1) Faktor-faktor apa
saja yang menjadi kekuatan (strenght), kelemahan (weakness), peluang
(opportunity) dan ancaman (threats) pada pemasaran beras jagung produksi UD.
Happy Jaya Kranjingan (2) Merumuskan aternatif pemasaran beras jagung
produksi UD. Happy Jaya Kranjingan dan (3) Menentukan prioritas strategi
pemasaran industri beras jagung di UD. Happy Jaya Kranjingan. Metode analisis
data yang digunakan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yaitu
matriks IFE dan EFE, untuk mengetahui alternatif pemasaran beras jagung yaitu
matriks I-E dan SWOT, sedangkan untuk menentukan prioritas utama strategi
menggunakan matriks perencanaan strategi kuantitatif (QSPM). Hasil penelitian
ini menunjukan: (a) Strategi ST yaitu memperluas jangkauan pasar produk atau
menambah pasar baru masih perlu ditingkatkan serta dipertimbangkan agar dapat
dijangkau oleh konsumen, (b) Strategi WO yaitu menambah varian produk dari
segi kemasan perlu ditambah oleh industri supaya konsumen bisa memilih ukuran
produk yang harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, (c) Strategi SO1
yaitu berani memasuki pasar produk yang sudah ada untuk bersaing dilakukan
dengan cara menjaga kualitas serta dengan produk yang akan di pasarkan, (d)
Strategi SO2 yaitu meningkatkan penjualan dan kualitas terhadap produk dalam
melakukan penyotiran bahan baku harus ditingkatkan serta penambahan alat
mesin baru agar lebih efektif serta efisien, dan (e) Strategi WT yaitu memperbaiki
pengelolahan manajemen dari segi sumber daya manusia dan struktur organisasi
harus diperhatikan supaya tertata dengan baik serta mempermudah industri dalam
melakukan aktivitas penjualan.
Kata Kunci : Produksi, Beras Jagung, Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran Beras Jagung Produksi UD. Happy Jaya Kranjingan
Kabupaten Jember (Marketing Strategy of Maize Rice Production in UD. Happy
Jaya Kranjingan, Jember District)
Mohammad Reza Dahnan
Program Studi Manajemen Agroindustri
Jurusan Manajemen Agribisnis
ABSTRACT
The titled of this thesis is Marketing Strategy of Maize Rice Production in UD. Happy Jaya Kranjingan, Jember District. The purpose of this study are (1) Whats become the strengths, weaknesses, opportunities, and threats on the marketing of maize rice production in UD Happy Jaya Kranjingan (2) Formulate alternative marketing of maize rice production in UD. Happy Jaya Kranjingan and (3) Determining priority marketing strategy of corn rice industry in UD. Happy Jaya Kranjingan. IFE and EFE, used to find out alternative marketing of maize rice is I-E and SWOT matrix, meanwhile to determine the quantitative main strategy (QSPM). The results of this study show: (a) ST strategy of expanding the reach of the product market or adding new markets still needs to be improved and considered to be reachable by consumers, (b) WO strategy is to add product variants in terms of packaging needs to be added by the industry so that consumers can choose the size of products that must be tailored to the needs of consumers , (c) SO1 strategy that is bold to enter the market of existing products to compete done by maintaining the quality as well as with products to be marketed, (d) SO2 strategy is to increase sales and quality of products in the sorting of raw materrials should be increased and the addition of new machine tools to be more effective and efficient , and (e) WT strategy is to improve the management of management in terms of human resources and organizational structure must be considered in order to arrange well and simplify the industry in conducting sales activities.
Keywords: Production, Corn Rice, Marketing Strategy
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
MOHAMMAD REZA DAHNAN |
Pengarang |
MOHAMMAD REZA DAHNAN - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
MANAJEMEN AGROINDUSTRI
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
|
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
20 Cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
MOHAMMAD REZA DAHNAN. (2018).
STRATEGI PEMASARAN BERAS JAGUNG PRODUKSI UD. HAPPY JAYA KRANJINGAN KABUPATEN JEMBER(Publish).:
MOHAMMAD REZA DAHNAN.
STRATEGI PEMASARAN BERAS JAGUNG PRODUKSI UD. HAPPY JAYA KRANJINGAN KABUPATEN JEMBER(Publish).:,2018.Text
MOHAMMAD REZA DAHNAN.
STRATEGI PEMASARAN BERAS JAGUNG PRODUKSI UD. HAPPY JAYA KRANJINGAN KABUPATEN JEMBER(Publish).:,2018.Text
MOHAMMAD REZA DAHNAN.
STRATEGI PEMASARAN BERAS JAGUNG PRODUKSI UD. HAPPY JAYA KRANJINGAN KABUPATEN JEMBER(Publish).:,2018.Text