EVALUASI SIMRS DITINJAU DARI KEPUASAN PENGGUNA DI RUMAH SAKIT MUJI RAHAYU SURABAYA
Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Ditinjau Dari Kepuasan Pengguna Di Rumah Sakit Muji Rahayu Surabaya
Nur Indah Rahmasari
Program Studi Rekam Medik
Jurusan Kesehatan
ABSTRAK
Rumah Sakit Muji Rahayu Surabaya telah mengaplikasikan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit sejak tahun 2011, software tersebut telah digunakan selama 6 tahun dan belum pernah dilakukan evaluasi secara resmi terhadap sistem, baik aspek teknis maupun non teknis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi Sistem Informasi Manjemen Rumah Sakit ditinjau dari kepuasan pengguna menggunakan metode End User Computing Satisfaction. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan digambarkan dalam evaluasi deskriptif dengan cara membandingkan antara harapan dan kenyataan pengguna terhadap sistem informasi. Hasil evaluasi deskriptif terhadap Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit menggunakan metode End User Computing Satisfactiondi Rumah Sakit Muji Rahayu Surabaya menunjukkan bahwa terdapat ketidak puasan pengguna terhadap segi Content (isi) sebesar 83%, segi Accurancy (keakuratan) sebesar 73%, segi Format (tampilan) sebesar 43% dan segi Timeliness (ketepatan waktu) sebesar 63%, namun masih ditemukan kepuasan pengguna terhadap segi Ease of use (kemudahan pengguna) sebesar 58%. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut rumah sakit perlu melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap sistem informasi dari segi content, accurancy, format dan timeliness yang memiliki nilai ketidak puasan pengguna namun tetap mempertimbangkan pengembangan pada segi ease of use.
Kata Kunci : Sistem Informasi Manjemen Rumah Sakit, SIMRS, EUCS, Kepuasan Pengguna
Evaluation of Hospital Management Information System Viewed From User Satisfaction At Muji Rahayu Hospital Surabaya
Nur Indah Rahmasari Study Program Medical Records Health Programs
ABSTRACK
Muji Rahayu Hospital Surabaya has applied Hospital Management Information System since 2011, the software has been used for 6 years and has not been evaluated, both technical and non technical aspects. The purpose of this research is to evaluate Information System of Hospital Management in terms of user satisfaction using End User Computing Satisfaction method. The type of this research is descriptive research with quantitative approach and described in descriptive evaluation by comparing between user's expectation and reality to information system. The result of descriptive evaluation toward Hospital Management Information System using End User Computing Satisfaction method at Rumah Makit Rahayu Surabaya shows that there is dissatisfaction of the users on Content (content) side 83%, Accurancy (73%), Format (view) 43% and Timeliness (63%), but still found user satisfaction on Ease of use (ease of use) by 58%. Based on the evaluation result, the hospital needs to improve and develop the information system from the aspect of content, accurancy, format and timeliness which have dissatisfied value of users but still consider the development in terms of ease of use. Keywords : Hospital Management Information Systems, HMIS, EUCS, User Satisfaction
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Nur Indah Rahmasari |
Pengarang |
Nur Indah Rahmasari - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
REKAM MEDIK
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
|
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
20 Cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
Nur Indah Rahmasari. (2018).
EVALUASI SIMRS DITINJAU DARI KEPUASAN PENGGUNA DI RUMAH SAKIT MUJI RAHAYU SURABAYA(Publish).:
Nur Indah Rahmasari.
EVALUASI SIMRS DITINJAU DARI KEPUASAN PENGGUNA DI RUMAH SAKIT MUJI RAHAYU SURABAYA(Publish).:,2018.Text
Nur Indah Rahmasari.
EVALUASI SIMRS DITINJAU DARI KEPUASAN PENGGUNA DI RUMAH SAKIT MUJI RAHAYU SURABAYA(Publish).:,2018.Text
Nur Indah Rahmasari.
EVALUASI SIMRS DITINJAU DARI KEPUASAN PENGGUNA DI RUMAH SAKIT MUJI RAHAYU SURABAYA(Publish).:,2018.Text