PERANCANGAN LOGICAL GAMEENDLESS RUNNING ADVENTURE BERBASIS ANDROID “Kakek Done Adventure’s”
Perancangan Logical Game Endless Running Adventure Berbasis Android “Kakek Done Adventure’s”
Ery Setiyawan Jullev A, S.Kom, M.Cs (Dosen Pembimbing 1) dan Hendra Yufit Riskiawan, S.Kom, M.Cs (Dosen Pembimbing 2)
Nanda Ardhia Bagaskara
Program Studi Manajemen Informatika
Jurusan Teknologi Informasi
ABSTRAK
Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, tidak terkecuali di Indonesia. Oleh sebab itu kebudayaan local yang cenderung tradisional semakin memudar dikarenakan generasi muda yang selalu mengikuti perkembangan teknologi sehingga jarang menghiraukan budayanya sendiri. Kebanyakan generasi muda bangsa ini suka dengan memainkan permainan yang terdapat pada gadget mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan yang ada serta memudahkan penyebaran informasi kebudayaan dengan perantara game edukasi yang menggunakan teknologi aughmented reality supaya dapat menarik perhatian generasi muda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan Jenis data yang dikumpulkan merupakan data primer yang diperolehdari hasil quisioner. Metodologi perangkat lunak yang dipilih adalah metodologi Prototype. Tahapan yang dilakukan adalah komunikasi, perencanaan secara cepat, pemodelan perancangan secara cepat, pembentukan prototype, penyerahan sistem atau perangkat lunak ke para pelanggan atau pengguna pengiriman dan umpan balik kemudian di implementasikan melalui bahasa pemograman C# menggunakan Unity Engine.
Kata kunci— Game, Aughmented Reality, Kebudayaan, Edukasi, Unity, C#
Perancangan Logical Game Endless Running Adventure Berbasis Android “Kakek Done Adventure’s”
Ery Setiyawan Jullev A, S.Kom, M.Cs as schief counselor and Hendra Yufit Riskiawan, S.Kom, M.Cs as a member counselor
Nanda Ardhia Bagaskara
Study Program of Informatics Manajement
Majoring of Information Technology
ABSTRACT
The development of technology is currently growing rapidly, not least in Indonesia. Therefore, local culture that tends to become more traditional faded because of young people who always follow the development of technology so rarely ignore its own culture. Most of the younger generation of this nation like to play the game contained in their gadgets. The purpose of this study is to overcome the existing problems and facilitate the dissemination of cultural information with the intermediary of educational games that use aughmented reality technology in order to attract the attention of the younger generation. The research method used is field research and library research. The type of data collected is the primary data obtained from quisionary results. The selected software methodology is the Prototype methodology. Stages are communication, rapid planning, rapid design modeling, prototype formation, delivery of systems or software to customers or users of delivery and feedback and then implemented through C # programming language using Unity Engine.
Keywords— Game, Aughmented Reality, Culture, Education, Unity, C#
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Nanda Ardhia Bagaskara |
Pengarang |
Nanda Ardhia Bagaskara - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
MANAJEMEN INFORMATIKA
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
|
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
20 Cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
Nanda Ardhia Bagaskara. (2018).
PERANCANGAN LOGICAL GAMEENDLESS RUNNING ADVENTURE BERBASIS ANDROID “Kakek Done Adventure’s”(Publish).:
Nanda Ardhia Bagaskara.
PERANCANGAN LOGICAL GAMEENDLESS RUNNING ADVENTURE BERBASIS ANDROID “Kakek Done Adventure’s”(Publish).:,2018.Text
Nanda Ardhia Bagaskara.
PERANCANGAN LOGICAL GAMEENDLESS RUNNING ADVENTURE BERBASIS ANDROID “Kakek Done Adventure’s”(Publish).:,2018.Text
Nanda Ardhia Bagaskara.
PERANCANGAN LOGICAL GAMEENDLESS RUNNING ADVENTURE BERBASIS ANDROID “Kakek Done Adventure’s”(Publish).:,2018.Text