EVALUASI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DI RSUD DR. H. SLAMET MARTODIRDJO PAMEKASAN
Evaluasi Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Kesehatan Menggunakan Metode Servqual Di RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, Agusti Maulidi, NIM G41140379, Tahun 2018, Rekam Medik,
Politeknik Negeri Jember, Feby Erawantini S.KM, M.P.H, (Dosen Pembimbing)
Agusti Maulidi
Program Studi Rekam Medik
Jurusan Kesehatan
ABSTRAK
Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan merupakan rumah sakit tipe B Non Pendidikan. Berdasarkan hasil observasi data kunjungan pasien umum per tahun terlihat dari tahun 2014 dengan jumlah 19.216, tahun 2015 dengan jumlah 17.623, dan di tahun 2016 dengan jumlah kunjungan 15.895 mengalami penurunan, data di bangsal Rawat Inap B dari 5 (lima) pasien yang pernah dirawat merasa kurang puas kemudian mereka juga mengeluhkan ketidakpuasannya kepada orang lain yang akhirnya membentuk persepsi terhadap pelayanan Rawat Inap RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik Purposive Sampling merupakan teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu yang telah dibuat oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah dimensi pelayanan pada RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo dari yang memiliki tingkat kepuasan paling rendah hingga tingkat kepuasan paling tinggi yaitu dimensi bukti fisik pelayanan dengan skor gap -0,7 (Tidak Memuaskan), kemudian dimensi kehandalan dengan nilai gap -0,2 (Tidak Memuaskan), dan kemudian dimensi daya tanggap -0,1 (Tidak Memuaskan), dimensi jaminan -0,1 (Tidak Memuaskan) dan yang memiliki tingkat kepuasan paling tinggi adalah dimensi empati dengan nilai gap 0,0 (Memuaskan). Kedepannya diharapkan adanya perbaikan pelayanan khususnya pada dimensi bukti nyata, dimensi kehandalan, dimensi daya tanggap, dan dimensi jaminan pada pelayanan di Rawat Inap RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan.
Kata Kunci : Rumah Sakit, Kualitas Layanan, ServQual
Evaluasi Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Kesehatan Menggunakan Metode Servqual Di RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan (Evaluation of Service Quality of Inpatient Patients Using ServQual Methods at RSUD Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan,)
Agusti Maulidi
Study Program of Medical Record
Majoring of Health Department
Program StudiRekamMedik
JurusanKesehatan
ABSTRACT
Regional General Hospital Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan is a Type B Non-Education hospital. Based on observations of data on general patient visits per year seen from 2014 with a number of 19,216, in 2015 with a total of 17,623, and in 2016 with a number of visits of 15,895 decreased, data in B inpatient wards of 5 (five) patients had felt dissatisfied then they also complained about their dissatisfaction with others which eventually formed the perception of the inpatient services of the RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan. This study aims to evaluate the quality of inpatient services to health services using the Service Quality (SERVQUAL) method in RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan. The analysis technique used is the ServQual method where an assessment of 5 (five) variables of quality of health services is conducted. The results of this study are the dimensions of service at RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo from the lowest level of satisfaction until the highest level of satisfaction is the dimension of physical evidence of service with a gap score of -0.7, then the dimensions of reliability and responsiveness with a gap value of -0.2, and then responsiveness dimensions -0 , 1, the guarantee dimension -0.1 and the one with the highest satisfaction level is the guarantee dimension with a gap value of -0.1. In the future, it is expected that there will be service improvements, especially in the dimensions of tangible evidence, dimensions of reliability, dimensions of responsiveness, and guaranteed dimensions of inpatient services at RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan.
Keyword : Hospital, Service Quality, ServQual
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Agusti Maulidi |
Pengarang |
Agusti Maulidi - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
REKAM MEDIK
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
|
Tahun Terbit |
2018 |
Tempat Terbit |
|
Deskripsi Fisik |
20 Cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
Agusti Maulidi. (2018).
EVALUASI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DI RSUD DR. H. SLAMET MARTODIRDJO PAMEKASAN(Publish).:
Agusti Maulidi.
EVALUASI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DI RSUD DR. H. SLAMET MARTODIRDJO PAMEKASAN(Publish).:,2018.Text
Agusti Maulidi.
EVALUASI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DI RSUD DR. H. SLAMET MARTODIRDJO PAMEKASAN(Publish).:,2018.Text
Agusti Maulidi.
EVALUASI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DI RSUD DR. H. SLAMET MARTODIRDJO PAMEKASAN(Publish).:,2018.Text