PENGARUH PENAMBAHAN WATER INJECTION TERHADAP EMISI GAS BUANG DENGAN VARIASI NOZZLE PADA MOTOR 4 LANGKAH SILINDER TUNGGAL


Pengaruh Penambahan Water Injection Terhadap Emisi Gas Buang Dengan Variasi Nozzle Pada Motor 4 Langkah Silinder Tunggal


Wasil Kurniawan Program Studi Mesin Otomotif Jurusan Teknik
ABSTRAK
Water injection adalah suatu cara menyuntikkan air keruang bakar, water injection membantu mesin untuk membuang panas diruang bakar. Panas yang dimaksud merupakan masalah utama pada mesin itu sendiri sehingga dapat menurunkan performa mesin. Water injection bekerja dengan cara menurunkan suhu ruang bakar yang tinggi, yaitu akibat campuaran bahan bakar dan udara yang dihisap menjadi dingin karena bercampur kabut atau uap air, dengan demikian dapat memperlambat bahan bakar diruang bakar. Hal ini bisa sepadan dengan menggunakan bensin beroktan tinggi sekitar setara angka oktan 113. Ini menguntungkan karena waktu pengapian bisa dibuat lebih maju (advance) tanpa gejala detonasi (knocking) dan power yang dihasilkan mesin menjadi lebih besar. Gejala-gejala detonasi yang dapat diketahui dengan adanya suara gemelitik seperti bunyi pukulan palu pada dinding logam dan mengungkapkan cara-cara untuk mencegah detonasi seperti: mengurangi kompresi pada mesin, mengurangi dan tekanan campuaran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam silinder, memperlambat saat penyalaan, memperkaya perbandingan campuran bahan bakar dan udara, memperkecil diameter piston untuk memperpendek jarak yang ditempuh oleh nyala api dari busi kebagian yang terjauh dalam proses pembakaraan, kandungan oksigen berpengaruh penting terhadap hasil pembakaraan karena oksigen adalah satu-satunya unsur di udara yang dibutuhkan untuk reaksi oksidasi. Selain oksigen, komposisi bahan bakar (C dan H) yang digunakan juga berpengaruh dalam menghasilkan proses pembakaran yang baik. Komponen bahan bakar H (hydrogen) lebih cepat beroksidasi dibandingkan komponen C (carbon), sehingga CO,CO2 dan HC apabila didalam bahan bakar atom hydrogen meningkat maka prestasi mesin juga turut meningkat. Berikut adalah reaksi kimia penguraian air (H2O) menjadi bahan bakar hydrogen (H2) dan oksigen

Kata Kunci: Carbon, CO,CO2, HC , emisi gas buang, water injection.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Wasil Kurniawan
Pengarang Wasil Kurniawan - Personal Name (Pengarang)
Edisi
No. Panggil
Subyek MESIN OTOMOTIF
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit PROGRAM STUDI MESIN OTOMOTIF
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit JURUSAN TEKNIK
Deskripsi Fisik 20cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
MESIN OTOMOTIF

Citation

Wasil Kurniawan. (2017).PENGARUH PENAMBAHAN WATER INJECTION TERHADAP EMISI GAS BUANG DENGAN VARIASI NOZZLE PADA MOTOR 4 LANGKAH SILINDER TUNGGAL().JURUSAN TEKNIK:PROGRAM STUDI MESIN OTOMOTIF

Wasil Kurniawan.PENGARUH PENAMBAHAN WATER INJECTION TERHADAP EMISI GAS BUANG DENGAN VARIASI NOZZLE PADA MOTOR 4 LANGKAH SILINDER TUNGGAL().JURUSAN TEKNIK:PROGRAM STUDI MESIN OTOMOTIF,2017.Text

Wasil Kurniawan.PENGARUH PENAMBAHAN WATER INJECTION TERHADAP EMISI GAS BUANG DENGAN VARIASI NOZZLE PADA MOTOR 4 LANGKAH SILINDER TUNGGAL().JURUSAN TEKNIK:PROGRAM STUDI MESIN OTOMOTIF,2017.Text

Wasil Kurniawan.PENGARUH PENAMBAHAN WATER INJECTION TERHADAP EMISI GAS BUANG DENGAN VARIASI NOZZLE PADA MOTOR 4 LANGKAH SILINDER TUNGGAL().JURUSAN TEKNIK:PROGRAM STUDI MESIN OTOMOTIF,2017.Text

 



Media Sosial / Kanal

Facebook E-Library POLIJE Official
Youtube E-Library POLIJE Official
Instagram E-Library POLIJE Official

Address

UPT.Perpustakaan Politeknik Negeri Jember
JL. Mastrip PO BOX 164
E: perpustakaan@polije.ac.id