ANALISISPENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION DI RUMAH SAKIT IBI SRIKANDI JEMBER TAHUN 2017


Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dengan Metode End User Computing Satisfaction Di Rumah Sakit IBI Srikandi Jember Tahun 2017, Vindha Yusifa, Nim E4109500, Tahun 2017, Kesehatan, Politeknik Negeri Jember, Feby Erawantini S.KM.,M.PH, (Pembimbing I) dan Sustin Farlinda , S.Kom, M.T (Pembimbing II).

Vindha Yusifa Program Studi D-IV Rekam Medik Jurusan Kesehatan

ABSTRAK

Sistem Manajemen Rumah Sakit di Rumah Sakit IBI Srikandi Jember sudah diterapkan sejak tahun 2012. Namun karena dalam pelaksanannya kurang optimal, maka penerapannya dilakukan kembali pada tahun 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan sistem informasi manajemen rumah sakit ditinjau dari kepuasan pengguna dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif. Hasil survei pendahuluan dengan petugas rekam medis ditemukan masalah pada bagian TPPRI, rekam medis dan kasir farmasi. Di bagian rekam medis terdapat masalah pada kolom diagnosa, dimana petugas rekam medis harus menginputkan diagnosa secara manual. SIMRS pada bagian TPPRI tidak terintegrasi dengan bagian kasir farmasi sehingga berdampak pada hasil rincian biaya. Penelitian ini menggunakan unit analisis yaitu pada bagian TPPRI, rekam medis dan kasir farmasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah masih sering terjadinya error pada sistem yang mempengaruhi terhadap efisiensi waktu, tidak adanya aplikasi help menu untuk mempermudah bagi petugas yang belum memahami penggunaan SIMRS secara maksimal, masih belum terintegrasinya SIMRS pada bagian TPPRI dan kasir farmasi yang mempengaruhi tidak tercovernya rincian biaya pasien secara keseluruhan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah agar rumah sakit memperbaiki SIMRS yang digunakan saat ini agar kepuasan pengguna terhadap penggunaan SIMRS semakin meningkat, dan agar pengguna selalu merasa bahwa pekerjaannya semakin mudah dengan adanya SIMRS.

Kata Kunci: End User Computing Satisfaction, Analisis, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Vindha Yusifa
Pengarang Vindha Yusifa - Personal Name (Pengarang)
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek REKAM MEDIS
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit PROGRAM STUDI D-IV REKAM MEDIK
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit JURUSAN KESEHATAN
Deskripsi Fisik 20cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
REKAM MEDIS

Citation

Vindha Yusifa. (2017).ANALISISPENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION DI RUMAH SAKIT IBI SRIKANDI JEMBER TAHUN 2017(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI D-IV REKAM MEDIK

Vindha Yusifa.ANALISISPENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION DI RUMAH SAKIT IBI SRIKANDI JEMBER TAHUN 2017(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI D-IV REKAM MEDIK,2017.Text

Vindha Yusifa.ANALISISPENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION DI RUMAH SAKIT IBI SRIKANDI JEMBER TAHUN 2017(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI D-IV REKAM MEDIK,2017.Text

Vindha Yusifa.ANALISISPENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT DENGAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION DI RUMAH SAKIT IBI SRIKANDI JEMBER TAHUN 2017(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI D-IV REKAM MEDIK,2017.Text

 



Media Sosial / Kanal

Facebook E-Library POLIJE Official
Youtube E-Library POLIJE Official
Instagram E-Library POLIJE Official

Address

UPT.Perpustakaan Politeknik Negeri Jember
JL. Mastrip PO BOX 164
E: perpustakaan@polije.ac.id