EFEKTIVITAS PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ASUPAN DAN POLA MAKAN REMAJA SMPN 2 JATIROTO LUMAJANG
Malinda - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2017
JURUSAN KESEHATAN : PROGRAM STUDI GIZI KLINIK
Efektivitas Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Asupan Dan Pola Makan Pada Remaja SMPN 2 Jatiroto Lumajang
Malinda Program Studi D-IV Gizi Klinik Jurusan Kesehatan
ABSTRAK
Asupan makanan sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia, makanan yang dikonsumsi pada akhirnya akan diubah menjadi energi untuk kemudian digunakan oleh tubuh dan pola makan adalah jenis dan jumlah makanan yang dimakan oleh seseorang dengan tujuan tertentu pada waktu tertentu. Asupan dan pola makan remaja perlu penanganan yang serius karena mempengaruhi kecerdasan otak dan tingkat kesehatan yang optimal. Tujuan penelitian:Untuk mengetahui efektivitas penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi terhadap pengetahuan tentang asupan dan pola makan remaja SMP Negeri 2 Jatiroto Kabupaten Lumajang. Metode Penelitian: Menggunakan penelitian analitik kualitatif dengan pendekatan quasi eksperimental. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah two group pretest posttest design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2017 di SMPN2 Jatiroto Kabupaten Lumajang. Pengambilan data menggunakan angket yang dilakukan oleh peneliti kepada responden. Penelitian ini melibatkan 60 responden. Hasil penelitian: Menunjukan bahwa ada perbedaan pengetahuan siswa sebelum dan sesudah penyuluhan uji wilcoxon signed test penyuluhan dengan metode ceramah menunjukan pengetahuan (p=0,000) dan metode diskusi (p=0,000). Hasil uji Mann Whitney menunjukan pengetahuan (p=0,417) hal tersebut menunjukan bahwa tidak ada perbedaan efektifitas antara metode ceramah dan diskusi terhadap tingkat pengetahuan siswa. Kesimpulan penelitian: Tidak ada perbedaan efektivitas penyuluhan menggunakan metode ceramah dan diskusi terhadap tingkat pengetahuan tentang asupan dan pola makan remaja SMPN 2 Jatiroto. .
Kata kunci: Asupan, Metode Ceramah, Metode Diskusi, Pengetahuan, Gizi Seimbang, Pola Makan
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Malinda |
Pengarang |
Malinda - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
GIZI KLINIK
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
PROGRAM STUDI GIZI KLINIK |
Tahun Terbit |
2017 |
Tempat Terbit |
JURUSAN KESEHATAN |
Deskripsi Fisik |
20cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
Malinda. (2017).
EFEKTIVITAS PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ASUPAN DAN POLA MAKAN REMAJA SMPN 2 JATIROTO LUMAJANG(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI GIZI KLINIK
Malinda.
EFEKTIVITAS PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ASUPAN DAN POLA MAKAN REMAJA SMPN 2 JATIROTO LUMAJANG(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI GIZI KLINIK,2017.Text
Malinda.
EFEKTIVITAS PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ASUPAN DAN POLA MAKAN REMAJA SMPN 2 JATIROTO LUMAJANG(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI GIZI KLINIK,2017.Text
Malinda.
EFEKTIVITAS PENYULUHAN DENGAN METODE CERAMAH DAN DISKUSI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ASUPAN DAN POLA MAKAN REMAJA SMPN 2 JATIROTO LUMAJANG(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI GIZI KLINIK,2017.Text