PENGARUH BAURAN PEMASARANTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PROL TAPE MEREK ANIS DI JEMBER)
ANNISA BUDIASLAMI - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2017
PROGRAM MAGISTER TERAPAN :
RINGKASAN
ANNISA BUDIASLAMI. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Prol Tape Merek ANIS di Jember). Dibimbing olehDr. Ir. Ridwan Iskandar, MT dan Dr. Yossi Wibisono, S.Tp, MP.
Hasil produksi komoditas pangan Kabupaten Jember tahun 2015, ubi kayu menduduki urutan ke tiga setelah padi dan jagung, yang ketiganya sebagai sumber karbohidrat utama masyarakat di Kabupaten Jember. Ubi kayu merupakan komoditas pangan penting dan cukup melimpah sehingga dapat menjadi peluang usaha bagi agroindustri berbahan baku ubi kayu. Amalia, W (2013) mengungkapkan bahwa terdapat sembilan komoditi pertanian yang banyak dihasilkan oleh Kabupaten Jember, yaitu pisang, singkong, ubi, labu, durian, manggis, sirsat, buah naga, dan jeruk. Komoditi pertanian yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi produk olahan adalah singkong, ubi, pisang, dan labu kuning. Tape merupakan salah satu produk olahan ubi yang dimanfaatkan menjadi bahan baku dari produk olahan prol tape. Kabupaten Jember memiliki beberapa industri kecil yang memproduksi prol tape sehingga daya dukung peralatan dan mesin telah tersedia, memiliki sumber daya manusia yang terampil dan bahan baku melimpah. Namun Industri kecil menghadapi kelemahan pengembangan produk yaitu umur simpan produk yang pendek, terbatasnya luasan distribusi produk dan pasar atau konsumen belum mengenal produk. Sehingga sebagai pelaku usaha membutuhkan pengetahuan respon dan umpan balik konsumen terhadap produk yang dipasarkan serta berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian ulang konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari harga, produk, saluran distribusi, promosi terhadap keputusan pembelian ulang konsumen. Tujuan lainnya adalah menguji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian ulang konsumen melalui kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan dengan menggunakan metode survey, dilaksanakan di outlet prol tape merek ANIS, melibatkan 60 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan acidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian dengan mengunakan analisis jalur(path analysis). Hasil pengujian serempak menunjukkan harga, produk, promosi, saluran distribusi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dan keputusan pembelian ulang. Hasil uji parsial menunjukkan harga, produk dan saluran distribusi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, sedangkan promosi berpengaruh tidak signifikan. Harga, produk, kepuasan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian ulang, sedangkan promosi, saluran distribusi berpengaruh tidak signifikan. Pengaruh langsung variabel harga dan produk lebih besar daripada pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian ulang konsumen. Pengaruh langsung variabel promosi dan saluran distribusi lebih kecil daripada pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian ulang konsumen.
Kata kunci : Bauran pemasaran, keputusan pembelian ulang, kepuasan konsumen
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
ANNISA BUDIASLAMI |
Pengarang |
ANNISA BUDIASLAMI - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
agribisnis
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
|
Tahun Terbit |
2017 |
Tempat Terbit |
PROGRAM MAGISTER TERAPAN |
Deskripsi Fisik |
20 Cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
ANNISA BUDIASLAMI. (2017).
PENGARUH BAURAN PEMASARANTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PROL TAPE MEREK ANIS DI JEMBER)(Publish).PROGRAM MAGISTER TERAPAN:
ANNISA BUDIASLAMI.
PENGARUH BAURAN PEMASARANTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PROL TAPE MEREK ANIS DI JEMBER)(Publish).PROGRAM MAGISTER TERAPAN:,2017.Text
ANNISA BUDIASLAMI.
PENGARUH BAURAN PEMASARANTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PROL TAPE MEREK ANIS DI JEMBER)(Publish).PROGRAM MAGISTER TERAPAN:,2017.Text
ANNISA BUDIASLAMI.
PENGARUH BAURAN PEMASARANTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PROL TAPE MEREK ANIS DI JEMBER)(Publish).PROGRAM MAGISTER TERAPAN:,2017.Text