ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KINERJA PETUGAS PELAYANAN DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS JELBUK KABUPATEN JEMBER
Allan Sandy Pratama - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2017
JURUSAN KESEHATAN : PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Petugas Pelayanan Di Unit Rawat Jalan Puskesmas Jelbuk Kabupaten Jember
Allan Sandy Pratama Program Studi D4 Rekam Medik JurusanKesehatan
ABSTRAK Kinerja diartikan sebagai suatu kondisi yang menunjukkan kemampuan seorang pegawai dalam menjalankan tugasnya di tempat kerja. Beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai diantaranya motivasi, disiplin kerja dan kompetensi. Berdasarkan survey pendahuluan di Puskesmas Jelbuk Kabupaten Jember terdapat permasalahan terkait kinjerja petugas yaitu dari seluruh jumlah petugas yang ada pada rawat jalan kurang lebih 30% hadir tepat waktu, sedangkan 70% petugas tidak tepat waktu. Hal ini membuat 6 dari 10 pasien merasa bahwa waktu tunggu pelayanan rawat jalan relatif lama yaitu 15 sampai 20 menit. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis faktor penyebab rendahnya kinerja dari indikator motivasi, disiplin kerja dan kompetensi dengan menggunakan metode PTA (problem tree analysis). Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu yang pertama dari indikator motivasi ialah suasana bising, tempat sempit, dan belum terdapat buku pedoman terkait pembuatan SOP serta belum adanya rencana program kerja, yang kedua dari indikator disiplin kerja yaitu jam pulang petugas yang tidak konsisten dan belum adanya sanksi/hukuman terhadap keterlambatan pasien, yang ketiga dari indikator kompetensi yaitu belum adanya pengalaman kerja. Adapun saran untuk puskesmas yaitu perlu adanya penambahan luas ruangan dan kebijakan terkait sanksi/hukuman lebih baik dipertegas lagi.
Kata kunci : Disiplin Kerja, Kinerja, Kompetensi, Motivasi
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
Allan Sandy Pratama |
Pengarang |
Allan Sandy Pratama - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
REKAM MEDIK
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
PROGRAM STUDI REKAM MEDIK |
Tahun Terbit |
2017 |
Tempat Terbit |
JURUSAN KESEHATAN |
Deskripsi Fisik |
20cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
Allan Sandy Pratama. (2017).
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KINERJA PETUGAS PELAYANAN DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS JELBUK KABUPATEN JEMBER(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
Allan Sandy Pratama.
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KINERJA PETUGAS PELAYANAN DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS JELBUK KABUPATEN JEMBER(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text
Allan Sandy Pratama.
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KINERJA PETUGAS PELAYANAN DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS JELBUK KABUPATEN JEMBER(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text
Allan Sandy Pratama.
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KINERJA PETUGAS PELAYANAN DI UNIT RAWAT JALAN PUSKESMAS JELBUK KABUPATEN JEMBER(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text