EFISIENSI LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN METODE LEAN HOSPITAL DI KLINIK PRATAMA NUSANTARA SEBELAS MEDIKA DJATIROTO TAHUN 2016
NUR AFNIATUL HASANAH - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2017
JURUSAN KESEHATAN : PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
viii
Efisiensi Lama Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Metode Lean
Hospital Di Klinik Pratama Nusantara Sebelas Medika Djatiroto (Eficiency
of Outpatient’s unit Respontime with Lean Hospital methode in Clinic of
Nusantara Sebelas Medika Djatiroto)
Nur Afniatul Hasanah
Program Studi Rekam Medik
Jurusan Kesehatan
ABSTRAK
Klinik Pratama Nusantara Sebelas Medika Djatiroto merupakan klinik yang menyediakan pelayanan rawat jalan tingkat pertama dimana masih terdapat masalah pada waktu tunggu yang belum sesuai standart yang tercantum dalam Kepmenkes No. 129 Tahun 2008 tentang standar pelayanan minimal yaitu 60 menit. Tujuan dari penelitian ini adalah mengefisiensi lama waktu tunggu yang terjadi pada pelayanan rawat jalan di Klinik Pratama Nusantara Sebelas Medika Djatiroto tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode lean hospital dengan penarikan akar penyebab masalah menggunakan fishbone.
Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan brainstorming. Hasil dari penelitian ini antara lain, waktu tunggu pelayanan rawat jalan di Klinik Pratama Nusantara Sebelas Medika Djatiroto rata-rata mencapai 108 menit dengan perbandingan prosentase antara nilai Value Added dan Non Value Added adalah 20,83% : 79,16%, sehingga kondisi pelayanan rawat jalan di klinik tersebut belum efisien. Unit yang menyumbangkan waste terbanyak adalah unit poli dan unit rekam medis. Penyebab dari kondisi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, dokter datang tidak tepat waktu, adanya penumpukan DRM saat akan diantar ke poli, ruang RM yang terpisah, bahan berkas rekam medis yang terlalu tipis sehingga mudah terselip.
Kata kunci : Efisiensi, Waktu tunggu, Rawat Jalan, Lean
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
NUR AFNIATUL HASANAH |
Pengarang |
NUR AFNIATUL HASANAH - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
REKAM MEDIK
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
PROGRAM STUDI REKAM MEDIK |
Tahun Terbit |
2017 |
Tempat Terbit |
JURUSAN KESEHATAN |
Deskripsi Fisik |
20cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
NUR AFNIATUL HASANAH. (2017).
EFISIENSI LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN METODE LEAN HOSPITAL DI KLINIK PRATAMA NUSANTARA SEBELAS MEDIKA DJATIROTO TAHUN 2016(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
NUR AFNIATUL HASANAH.
EFISIENSI LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN METODE LEAN HOSPITAL DI KLINIK PRATAMA NUSANTARA SEBELAS MEDIKA DJATIROTO TAHUN 2016(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text
NUR AFNIATUL HASANAH.
EFISIENSI LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN METODE LEAN HOSPITAL DI KLINIK PRATAMA NUSANTARA SEBELAS MEDIKA DJATIROTO TAHUN 2016(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text
NUR AFNIATUL HASANAH.
EFISIENSI LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN METODE LEAN HOSPITAL DI KLINIK PRATAMA NUSANTARA SEBELAS MEDIKA DJATIROTO TAHUN 2016(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text