TINGKAT KEPUASAN PETERNAK SAPI PERAH PADA PELAYANAN KOPERASI GALUR MURNI DI KABUPATEN JEMBER
Yusya Ramadhan - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2017
JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS : PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI
Tingkat Kepuasan Peternak Sapi Perah Pada Pelayanan Koperasi
Galur Murni Di Kabupaten Jember (The Farmer Satisfaction Of Dairy Cows On The Service Cooperative Galur Murni In The District Of Jember)
Yusya Ramadhan
Program Studi Manajamen Agroindustri
Jurusan Manajemen Agribisnis
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kepuasan peternak terhadap kualitas pelayanan Koperasi Galur Murni dan mengetahui atribut-atribut pelayanan yang diprioritaskan untuk diperbaiki dan dipertahankan. Analisis dilakukan dengan metode servqual dan cartesius diagram. Metode servqual digunakan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan berasarkan gap yang terjadi antara persepsi dan harapan peternak, dimensi yang digunakan antara lain : reliability(keandalan), responsiviness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati) ,dan tangibles (bukti fisik). Diagram kartesius digunakan untuk mengetahui atribut-atribut pelayanan yang diprioritaskan untuk diperbaiki dan dipertahankan. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode servqual menyebutkan bahwa peternak koperasi galur murni belum dikatakan puas dengan pelayanan yang diberikan. Nilai kesenjangan (gap) dari 5 dimensi reliability, responsiviness, assurance, empathy,dan tangibles secara berurutan yaitu (-0,11), (-0,26),(-0,005),(-0,15),(0,295). Terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara peternak yang berada didalam koperasi dan diluar koperasi, dimensi yang berbeda tingkat kepuasannya yaitu dimensi Reliability, Emphaty, Tangibles. Berdasarkan hasil analisis diagram kartesius atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki (kuadran A) yaitu Koperasi bisa menyelesaikan permasalahan peternak, Adanya keterlibatan koperasi apabila terdapat sapi peternak yang sakit, Atribut kedua yaitu Petugas koperasi seharusnya segera melayani peternak yang datang, Atribut selanjutnya yang perlu diperbaiki yaitu Petugas koperasi seharusnya secara konsisiten bersikap sopan. Petugas koperasi yang memperlakukan peternak penuh perhatian secara individu dan Karyawan koperasi seharusnya menjalin komunikasi dengan baik tanpa pilih kasih.
Kata Kunci : Servqual, Diagram Kartesius, Kepuasan Peternak, Koperasi Galur Murni.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
POLITEKNIK NEGERI JEMBER |
Pengarang |
Yusya Ramadhan - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
MANAJEMEN AGROINDUSTRI
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI |
Tahun Terbit |
2017 |
Tempat Terbit |
JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS |
Deskripsi Fisik |
20cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
Yusya Ramadhan. (2017).
TINGKAT KEPUASAN PETERNAK SAPI PERAH PADA PELAYANAN KOPERASI GALUR MURNI DI KABUPATEN JEMBER(Publish).JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS:PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI
Yusya Ramadhan.
TINGKAT KEPUASAN PETERNAK SAPI PERAH PADA PELAYANAN KOPERASI GALUR MURNI DI KABUPATEN JEMBER(Publish).JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS:PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI,2017.Text
Yusya Ramadhan.
TINGKAT KEPUASAN PETERNAK SAPI PERAH PADA PELAYANAN KOPERASI GALUR MURNI DI KABUPATEN JEMBER(Publish).JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS:PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI,2017.Text
Yusya Ramadhan.
TINGKAT KEPUASAN PETERNAK SAPI PERAH PADA PELAYANAN KOPERASI GALUR MURNI DI KABUPATEN JEMBER(Publish).JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS:PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI,2017.Text