TINGKAT KEPUASAN PETERNAK SAPI PERAH PADA PELAYANAN KOPERASI GALUR MURNI DI KABUPATEN JEMBER


Tingkat Kepuasan Peternak Sapi Perah Pada Pelayanan Koperasi
Galur Murni Di Kabupaten Jember (The Farmer Satisfaction Of Dairy Cows On The Service Cooperative Galur Murni In The District Of Jember)
Yusya Ramadhan
Program Studi Manajamen Agroindustri
Jurusan Manajemen Agribisnis
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kepuasan peternak terhadap kualitas pelayanan Koperasi Galur Murni dan mengetahui atribut-atribut pelayanan yang diprioritaskan untuk diperbaiki dan dipertahankan. Analisis dilakukan dengan metode servqual dan cartesius diagram. Metode servqual digunakan untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan berasarkan gap yang terjadi antara persepsi dan harapan peternak, dimensi yang digunakan antara lain : reliability(keandalan), responsiviness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati) ,dan tangibles (bukti fisik). Diagram kartesius digunakan untuk mengetahui atribut-atribut pelayanan yang diprioritaskan untuk diperbaiki dan dipertahankan. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode servqual menyebutkan bahwa peternak koperasi galur murni belum dikatakan puas dengan pelayanan yang diberikan. Nilai kesenjangan (gap) dari 5 dimensi reliability, responsiviness, assurance, empathy,dan tangibles secara berurutan yaitu (-0,11), (-0,26),(-0,005),(-0,15),(0,295). Terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara peternak yang berada didalam koperasi dan diluar koperasi, dimensi yang berbeda tingkat kepuasannya yaitu dimensi Reliability, Emphaty, Tangibles. Berdasarkan hasil analisis diagram kartesius atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki (kuadran A) yaitu Koperasi bisa menyelesaikan permasalahan peternak, Adanya keterlibatan koperasi apabila terdapat sapi peternak yang sakit, Atribut kedua yaitu Petugas koperasi seharusnya segera melayani peternak yang datang, Atribut selanjutnya yang perlu diperbaiki yaitu Petugas koperasi seharusnya secara konsisiten bersikap sopan. Petugas koperasi yang memperlakukan peternak penuh perhatian secara individu dan Karyawan koperasi seharusnya menjalin komunikasi dengan baik tanpa pilih kasih.
Kata Kunci : Servqual, Diagram Kartesius, Kepuasan Peternak, Koperasi Galur Murni.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab POLITEKNIK NEGERI JEMBER
Pengarang Yusya Ramadhan - Personal Name (Pengarang)
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek MANAJEMEN AGROINDUSTRI
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS
Deskripsi Fisik 20cm
Info Detil Spesifik


Citation

Yusya Ramadhan. (2017).TINGKAT KEPUASAN PETERNAK SAPI PERAH PADA PELAYANAN KOPERASI GALUR MURNI DI KABUPATEN JEMBER(Publish).JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS:PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI

Yusya Ramadhan.TINGKAT KEPUASAN PETERNAK SAPI PERAH PADA PELAYANAN KOPERASI GALUR MURNI DI KABUPATEN JEMBER(Publish).JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS:PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI,2017.Text

Yusya Ramadhan.TINGKAT KEPUASAN PETERNAK SAPI PERAH PADA PELAYANAN KOPERASI GALUR MURNI DI KABUPATEN JEMBER(Publish).JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS:PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI,2017.Text

Yusya Ramadhan.TINGKAT KEPUASAN PETERNAK SAPI PERAH PADA PELAYANAN KOPERASI GALUR MURNI DI KABUPATEN JEMBER(Publish).JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS:PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI,2017.Text

 



Media Sosial / Kanal

Facebook E-Library POLIJE Official
Youtube E-Library POLIJE Official
Instagram E-Library POLIJE Official

Address

UPT.Perpustakaan Politeknik Negeri Jember
JL. Mastrip PO BOX 164
E: perpustakaan@polije.ac.id