SISTEM INFORMASI EDUKATIF PADA PASIEN HIPERTENSIBERBASISCUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DENGANMENGGUNAKANSMS GATEWAY DANWEBSITE DI KLINIK RAWAT INAP dr. M. SUHERMAN
Sistem Informasi Edukatif Pada Pasien Hipertensi Berbasis Customer Relationship Management (CRM) dengan Menggunakan SMS Gateway dan Website di Klinik Rawat Inap dr. M. Suherman
Vivi Sefrinta Izza Afkarina Program Studi Rekam Medik Jurusan Kesehatan
ABSTRAK
Healthy People 2010 for Hypertension menganjurkan perlunya pendekatan yang lebih komprehensif dan intensif guna mencapai pengontrolan tekanan darah secara optimal. Tingginya kasus hipertensi di Klinik Rawat Inap dr. M. Suherman membutuhkan strategi khusus untuk mengendalikan dan memantau pasien dalam manajemen penyakit hipertensi melalui Customer Relationship Management (CRM) sebagai upaya manajemen risiko terjadinya komplikasi akibat hipertensi, disabilitas, dan mortalitas. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membuat sistem informasi edukatif pada pasien hipertensi berbasis CRM sebagai media upaya promosi kesehatan melalui modifikasi gaya hidup bagi pasien hipertensi dan tools kunjungan sehat peserta BPJS Kesehatan Klinik Rawat Inap dr. M. Suherman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode waterfall dengan tahapan berupa analisis kebutuhan, desain, pengkodean, dan pengujian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana prose pengumpulan dan pengambilan data dilakukan dengan wawancara, brainstorming, dokumentasi, dan studi pustaka. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah MySQL dan Microsoft Visual Fox Pro 9.0. Hasil sistem yang didapatkan adalah sistem informasi edukatif pada pasien hipertensi berbaasis CRM dengan menggunakan SMS gateway dan website di Klinik Rawat Inap dr. M. Suherman. Peneliti selanjutnya diharapkan adanya pengembangan sistem dengan melakukan bridging system antara website dan SMS gateway terintegrasi SIM Klinik, serta Primary Care. Selain itu, SMS gateway dapat ditambahkan dengan fitur lain seperti SMS birthday remember dan pelaporan kasus hipertensi, sehingga dapat menambah nilai retain dalam siklus CRM.
Kata Kunci : Sistem Informasi Edukatif, Hipertensi, CRM, Website, SMS Gateway
Detail Information
Bagian
Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Vivi Sefrinta Izza Afkarina
Pengarang
Vivi Sefrinta Izza Afkarina - Personal Name (Pengarang)
Edisi
Publish
No. Panggil
Subyek
REKAM MEDIK
Klasifikasi
Judul Seri
GMD
Text
Bahasa
English
Penerbit
PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
JURUSAN KESEHATAN
Deskripsi Fisik
20 Cm
Info Detil Spesifik
Citation
APA Style
Vivi Sefrinta Izza Afkarina . (2017).
SISTEM INFORMASI EDUKATIF PADA PASIEN HIPERTENSIBERBASISCUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DENGANMENGGUNAKANSMS GATEWAY DANWEBSITE DI KLINIK RAWAT INAP dr. M. SUHERMAN (Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
Chicago Style
Vivi Sefrinta Izza Afkarina .
SISTEM INFORMASI EDUKATIF PADA PASIEN HIPERTENSIBERBASISCUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DENGANMENGGUNAKANSMS GATEWAY DANWEBSITE DI KLINIK RAWAT INAP dr. M. SUHERMAN (Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text
MLA Style
Vivi Sefrinta Izza Afkarina .
SISTEM INFORMASI EDUKATIF PADA PASIEN HIPERTENSIBERBASISCUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DENGANMENGGUNAKANSMS GATEWAY DANWEBSITE DI KLINIK RAWAT INAP dr. M. SUHERMAN (Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text
Turabian Style
Vivi Sefrinta Izza Afkarina .
SISTEM INFORMASI EDUKATIF PADA PASIEN HIPERTENSIBERBASISCUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DENGANMENGGUNAKANSMS GATEWAY DANWEBSITE DI KLINIK RAWAT INAP dr. M. SUHERMAN (Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text