ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DJATIROTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)


Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Djatiroto
dengan Menggunakan Metode Service Quality dan Importance
Performance Analysis (IPA)
Munaiyiroh
Program Studi Rekam Medik
Jurusan Kesehatan
ABSTRAK
Meningkatnya keinginan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit menyebabkan masyarakat semakin selektif dalam memilih jasa pelayanan kesehatan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Djatiroto, persentase kunjungan pasien rawat inap di Rumah Sakit Djatiroto mengalami peningkatan sebesar 1% di tahun 2014 dan pada tahun 2015 mengalami peningkatan sebesar 11%. Peneliti menemukan 7 dari 10 responden merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Djatiroto dengan menggunakan metode Service Quality dan Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif (mix method). Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yang dilakukan pada bulan Juli-Desember tahun 2016 dan didapat jumlah sampel sebanyak 99 responden. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode servqual menunjukkan nilai rata-rata gap negatif yang relatif kecil. Kesenjangan yang relatif kecil tetap menunjukkan bahwa pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Djatiroto belum sepenuhnya optimal. Hasil pemetaan diagram kartesius dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) diketahui terdapat 4 atribut yang masuk di kuadran A yang menjadi prioritas utama dan 15 atribut di kuadran C untuk dilakukan perbaikan dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Djatiroto. Berdasarkan permasalahan tersebut, hendaknya dalam memberikan informasi, dokter dan perawat menggunakan bahasa yang umum, jelas serta mudah dimengerti dan dipahami oleh pasien maupun keluarga pasien serta dokter dan petugas medis lebih tanggap terhadap keluhan pasien.

Kata Kunci : Importance Performance Analysis (IPA), Kepuasan Pasien, Rumah Sakit, Service Quality


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab Munaiyiroh
Pengarang Munaiyiroh - Personal Name (Pengarang)
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek REKAM MEDIK
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit JURUSAN KESEHATAN
Deskripsi Fisik 20 Cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
REKAM MEDIK

Citation

Munaiyiroh. (2017).ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DJATIROTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK

Munaiyiroh.ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DJATIROTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text

Munaiyiroh.ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DJATIROTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text

Munaiyiroh.ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DJATIROTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text

 



Media Sosial / Kanal

Facebook E-Library POLIJE Official
Youtube E-Library POLIJE Official
Instagram E-Library POLIJE Official

Address

UPT.Perpustakaan Politeknik Negeri Jember
JL. Mastrip PO BOX 164
E: perpustakaan@polije.ac.id