ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DJATIROTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)
Munaiyiroh - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2017
JURUSAN KESEHATAN : PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Djatiroto
dengan Menggunakan Metode Service Quality dan Importance
Performance Analysis (IPA)
Munaiyiroh
Program Studi Rekam Medik
Jurusan Kesehatan
ABSTRAK
Meningkatnya keinginan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit menyebabkan masyarakat semakin selektif dalam memilih jasa pelayanan kesehatan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Djatiroto, persentase kunjungan pasien rawat inap di Rumah Sakit Djatiroto mengalami peningkatan sebesar 1% di tahun 2014 dan pada tahun 2015 mengalami peningkatan sebesar 11%. Peneliti menemukan 7 dari 10 responden merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Djatiroto dengan menggunakan metode Service Quality dan Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif (mix method). Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling yang dilakukan pada bulan Juli-Desember tahun 2016 dan didapat jumlah sampel sebanyak 99 responden. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode servqual menunjukkan nilai rata-rata gap negatif yang relatif kecil. Kesenjangan yang relatif kecil tetap menunjukkan bahwa pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Djatiroto belum sepenuhnya optimal. Hasil pemetaan diagram kartesius dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) diketahui terdapat 4 atribut yang masuk di kuadran A yang menjadi prioritas utama dan 15 atribut di kuadran C untuk dilakukan perbaikan dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Djatiroto. Berdasarkan permasalahan tersebut, hendaknya dalam memberikan informasi, dokter dan perawat menggunakan bahasa yang umum, jelas serta mudah dimengerti dan dipahami oleh pasien maupun keluarga pasien serta dokter dan petugas medis lebih tanggap terhadap keluhan pasien.
Kata Kunci : Importance Performance Analysis (IPA), Kepuasan Pasien, Rumah Sakit, Service Quality
Detail Information
Bagian
Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Munaiyiroh
Pengarang
Munaiyiroh - Personal Name (Pengarang)
Edisi
Publish
No. Panggil
Subyek
REKAM MEDIK
Klasifikasi
Judul Seri
GMD
Text
Bahasa
English
Penerbit
PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
Tahun Terbit
2017
Tempat Terbit
JURUSAN KESEHATAN
Deskripsi Fisik
20 Cm
Info Detil Spesifik
Citation
APA Style
Munaiyiroh . (2017).
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DJATIROTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
Chicago Style
Munaiyiroh .
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DJATIROTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text
MLA Style
Munaiyiroh .
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DJATIROTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text
Turabian Style
Munaiyiroh .
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DJATIROTO DENGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text