PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPESERTAAN BPJS di KLINIK PRATAMA NUSA MEDIKA TAHUN 2016
FEBRIANTI JUWITASARI - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2017
JURUSAN KESEHATANN : PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepesertaan BPJS di Klinik Pratama Nusa Medika Tahun 2016
Febrianti Juwitasari
Program Studi Rekam Medik
Jurusan Kesehatan
ABSTRAK
Klinik pratama nusa medika merupakan transisi dari dokter keluarga, terdapat adanya perubahan jumlah data kepesertaan dari pasien Dokter Keluarga menjadi Klinik Pratama Nusa Medika yang seharusnya perbandingan satu orang dokter berbanding dengan paling sedikit 10.001 peserta. Strategi untuk kepesertaan BPJS kemungkinan terbesar dilakukan dengan bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepesertaan BPJS di Klinik Pratama Nusa Medika Tahun 2016. Metode yang digunakan yaitu survey analitik, pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling yang dilakukan pada bulan Januari – Juni 2017 dan didapat sampel sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji regresi logistik bauran pemasaran secara signifikan berpengaruh terhadap kepesertaan BPJS di klinik Pratama Nusa medika terdapat pada price, place promotion dan people dengan nilai signifikansi price (p=0.001; Exp=20.746), place (p=0.000; Exp=21.110), promotion (p=0.002; Exp=7.433), people (p=0.005; Exp=10.004) untuk bauran pemasaran product dan physical evidence tidak terdapat pengaruh terhadap kepesertaan BPJS di klinik pratama nusa medika dengan nilai signifikansi product (p=0.464; Exp=0.498) dan physical evidence (p=0.487; Exp=1.8826). Meningkatkan bauran pemasaran price dengan melakukan kerjasama dengan pihak asuransi dan perusahaan, karena hanya dengan membayar premi pasien dapat memanfaatkan pelayanan dengan menjadi peserta.
Kata kunci : Bauran Pemasaran, Kepesertaan BPJS, Klinik Pratama
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
|
Pengarang |
FEBRIANTI JUWITASARI - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
|
No. Panggil |
|
Subyek |
REKAM MEDIK
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
PROGRAM STUDI REKAM MEDIK |
Tahun Terbit |
2017 |
Tempat Terbit |
JURUSAN KESEHATANN |
Deskripsi Fisik |
20 Cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
FEBRIANTI JUWITASARI. (2017).
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPESERTAAN BPJS di KLINIK PRATAMA NUSA MEDIKA TAHUN 2016().JURUSAN KESEHATANN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
FEBRIANTI JUWITASARI.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPESERTAAN BPJS di KLINIK PRATAMA NUSA MEDIKA TAHUN 2016().JURUSAN KESEHATANN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text
FEBRIANTI JUWITASARI.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPESERTAAN BPJS di KLINIK PRATAMA NUSA MEDIKA TAHUN 2016().JURUSAN KESEHATANN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text
FEBRIANTI JUWITASARI.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPESERTAAN BPJS di KLINIK PRATAMA NUSA MEDIKA TAHUN 2016().JURUSAN KESEHATANN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text