STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS PATRANG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TAHUN 2016
Nurinda Afif Abidin - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2017
JURUSAN KESEHATAN : PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien BPJS Rawat Jalan Puskesmas Patrang dengan Metode Quality Function
Deployment (QFD)
Tahun 2016
Nurinda Afif Abidin
Program Studi Rekam Medis
Jurusan Kesehatan
ABSTRAK
Pelayanan dapat dinilai berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Dalam pelaksanaan di puskesmas patrang terdapat beberapa masalah diantaranya adalah komplain mengenai waktu tunggu karena kurangnya kecepatan dalam pelayanan, petugas tidak selalu stand-by. Tujuan dari penelitian ini adalah Perancangan strategi peningkatan kualitas pelayanan pasien BPJS rawat jalan puskesmas patrang dengan metode QFD. Jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien BPJS rawat jalan puskesmas patrang sebanyak 444 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 82 pasien BPJS rawat jalan di puskesmas patrang dengan kriteria memiliki umur 20-40 tahun. Hasil dari penelitian diperoleh angka prioritas masalah. Dimana prioritas masalah tersebut didapat dari angka improvement ratio yang artinya angka tersebut merupakan angka dari atribut yang harus lebih difokuskan perbaikannya. Setelah diperoleh angka improvement ratio tersebut lalu dilakukan perbaikan dengan menentukan prioritas strategi menggunakan teknik NGT, diperoleh strategi prioritas 1, yaitu: “Penambahan sumber daya manusia”, seperti: penambahan cleaning service, petugas pendaftaran, dokter, perawat, dll. Saran dalam penelitian ini adalah perlu adanya penambahan cleaning service, petugas pendaftaran, dokter, perawat, dll, mempertahankan dan meningkatkan puskesmas keliling yang sudah ada, dan perlu adanya punishment bagi pasien yang kurang disiplin.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Metode QFD, Instalasi Rawat Jalan
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
POLITEKNIK NEGERI JEMBER |
Pengarang |
Nurinda Afif Abidin - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
REKAM MEDIK
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
PROGRAM STUDI REKAM MEDIK |
Tahun Terbit |
2017 |
Tempat Terbit |
JURUSAN KESEHATAN |
Deskripsi Fisik |
20 Cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
Nurinda Afif Abidin. (2017).
STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS PATRANG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TAHUN 2016(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
Nurinda Afif Abidin.
STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS PATRANG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TAHUN 2016(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text
Nurinda Afif Abidin.
STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS PATRANG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TAHUN 2016(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text
Nurinda Afif Abidin.
STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS PATRANG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TAHUN 2016(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text