STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS PATRANG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TAHUN 2016


Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien BPJS Rawat Jalan Puskesmas Patrang dengan Metode Quality Function
Deployment (QFD)
Tahun 2016
Nurinda Afif Abidin
Program Studi Rekam Medis
Jurusan Kesehatan
ABSTRAK
Pelayanan dapat dinilai berdasarkan 5 dimensi kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Dalam pelaksanaan di puskesmas patrang terdapat beberapa masalah diantaranya adalah komplain mengenai waktu tunggu karena kurangnya kecepatan dalam pelayanan, petugas tidak selalu stand-by. Tujuan dari penelitian ini adalah Perancangan strategi peningkatan kualitas pelayanan pasien BPJS rawat jalan puskesmas patrang dengan metode QFD. Jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien BPJS rawat jalan puskesmas patrang sebanyak 444 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 82 pasien BPJS rawat jalan di puskesmas patrang dengan kriteria memiliki umur 20-40 tahun. Hasil dari penelitian diperoleh angka prioritas masalah. Dimana prioritas masalah tersebut didapat dari angka improvement ratio yang artinya angka tersebut merupakan angka dari atribut yang harus lebih difokuskan perbaikannya. Setelah diperoleh angka improvement ratio tersebut lalu dilakukan perbaikan dengan menentukan prioritas strategi menggunakan teknik NGT, diperoleh strategi prioritas 1, yaitu: “Penambahan sumber daya manusia”, seperti: penambahan cleaning service, petugas pendaftaran, dokter, perawat, dll. Saran dalam penelitian ini adalah perlu adanya penambahan cleaning service, petugas pendaftaran, dokter, perawat, dll, mempertahankan dan meningkatkan puskesmas keliling yang sudah ada, dan perlu adanya punishment bagi pasien yang kurang disiplin.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Metode QFD, Instalasi Rawat Jalan


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab POLITEKNIK NEGERI JEMBER
Pengarang Nurinda Afif Abidin - Personal Name (Pengarang)
Edisi Publish
No. Panggil
Subyek REKAM MEDIK
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit PROGRAM STUDI REKAM MEDIK
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit JURUSAN KESEHATAN
Deskripsi Fisik 20 Cm
Info Detil Spesifik

  Tags :
REKAM MEDIK

Citation

Nurinda Afif Abidin. (2017).STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS PATRANG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TAHUN 2016(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK

Nurinda Afif Abidin.STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS PATRANG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TAHUN 2016(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text

Nurinda Afif Abidin.STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS PATRANG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TAHUN 2016(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text

Nurinda Afif Abidin.STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS PATRANG DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) TAHUN 2016(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI REKAM MEDIK,2017.Text

 



Media Sosial / Kanal

Facebook E-Library POLIJE Official
Youtube E-Library POLIJE Official
Instagram E-Library POLIJE Official

Address

UPT.Perpustakaan Politeknik Negeri Jember
JL. Mastrip PO BOX 164
E: perpustakaan@polije.ac.id