PERBEDAAN PENGETAHUAN, PRAKTIK PEDOMAN GIZISEIMBANG DAN STATUS GIZI MAHASISWA GIZIDAN NON GIZI (StudipadaMahasiswaPoliteknikNegeriJember
DUWI DARMAWANTI SA’ADAH - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2017
JURUSAN KESEHATAN : PROGRAM STUDI GIZI KLINIK
Perbedaan Pengetahuan, Praktik Pedoman Gizi Seimbang dan Status Gizi Mahasiswa Gizi dan Non Gizi (Studi pada Mahasiswa Politeknik Negeri Jember)
Duwi Darmawanti Sa’adah Program Studi Gizi Klinik Jurusan Kesehatan
ABSTRAK
Permasalahan gizi merupakan salah satu masalah kesehatan utama di Indonesia. Masalah gizi kurang maupun gizi lebih merupakan masalah kesehatan yang sering dijumpai pada usia dewasa (Suparisa et al., 2012). Mahasiswa sebagai remaja akhir atau dewasa awal masih mengalami pertumbuhan dalam hal tinggi badan, berat badan, lemak tubuh, dan otot serta penyempurnaan berbagai sistem organ. Pada masa ini pemenuhan kebutuhan masih sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, praktik pedoman gizi seimbang dan status gizi mahasiswa gizi dan non gizi Politeknik Negeri Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 angkatan 2015 dengan teknik pengambilan sampel multistage random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember 2016 di Politeknik Negeri Jember. Pengambilan data menggunakan angket dan kuesioner yang diberikan oleh peneliti kepada responden. Penelitian ini melibatkan 150 responden. Berdasarkan analisi bivariat untuk variabel makan makanan beragam, perilaku hidup bersih dan pemantauan BB secara teratur dengan skala data nominal diuji menggunakan uji Chi Square, sedangkan untuk pengetahuan pedoman gizi seimbang; aktivitas fisik; dan status gizi dengan skala data ordinal diuji menggunakan uji Mann Withney. Pada uji perbedaan pengetahuan pedoman gizi seimbang antara mahasiswa gizi dan non gizi diperoleh nilai p = 0,001 yang menunjukkan ada perbedaan antara kedua kelompok. Pada uji praktik pedoman gizi seimbang yang meliputi makan makanan beragam (p = 0,001), perilaku hidup bersih dan sehat (p = 0,001), aktivitas fisik (p = 0,001), dan pemantauan BB secara teratur (p = 0,001) antara antara mahasiswa gizi dan non gizi menunjukkan ada perbedaan antara kedua kelompok. Pada uji perbedaan status gizi antara mahasiswa gizi dan non gizi diperoleh nilai p = 0,569 yang menunjukkan tidak ada perbedaan antara kedua kelompok.
Kata Kunci : Pengetahuan, Praktik Pedoman Gizi Seimbang, Status Gizi
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
DUWI DARMAWANTI SA’ADAH |
Pengarang |
DUWI DARMAWANTI SA’ADAH - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
GIZI KLINIK
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
PROGRAM STUDI GIZI KLINIK |
Tahun Terbit |
2017 |
Tempat Terbit |
JURUSAN KESEHATAN |
Deskripsi Fisik |
20cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
DUWI DARMAWANTI SA’ADAH. (2017).
PERBEDAAN PENGETAHUAN, PRAKTIK PEDOMAN GIZISEIMBANG DAN STATUS GIZI MAHASISWA GIZIDAN NON GIZI (StudipadaMahasiswaPoliteknikNegeriJember(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI GIZI KLINIK
DUWI DARMAWANTI SA’ADAH.
PERBEDAAN PENGETAHUAN, PRAKTIK PEDOMAN GIZISEIMBANG DAN STATUS GIZI MAHASISWA GIZIDAN NON GIZI (StudipadaMahasiswaPoliteknikNegeriJember(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI GIZI KLINIK,2017.Text
DUWI DARMAWANTI SA’ADAH.
PERBEDAAN PENGETAHUAN, PRAKTIK PEDOMAN GIZISEIMBANG DAN STATUS GIZI MAHASISWA GIZIDAN NON GIZI (StudipadaMahasiswaPoliteknikNegeriJember(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI GIZI KLINIK,2017.Text
DUWI DARMAWANTI SA’ADAH.
PERBEDAAN PENGETAHUAN, PRAKTIK PEDOMAN GIZISEIMBANG DAN STATUS GIZI MAHASISWA GIZIDAN NON GIZI (StudipadaMahasiswaPoliteknikNegeriJember(Publish).JURUSAN KESEHATAN:PROGRAM STUDI GIZI KLINIK,2017.Text