MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK GUDEG KALENG “ BU TJITRO 1925” DI CV. BUANA CITRA SENTOSA YOGYAKARTA
SITTI ROBIATUL ADAWIYAH - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2017
JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS : PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI
RINGKASAN
Manajemen Pemasaran Produk Gudeg Kaleng Bu Tjitro 1925 Di CV. Buana Citra Sentosa Yogyakarta, Sitti Robiatul Adawiyah, D41130880, 2017, 59 Halaman, Program Studi Manajemen Agroindustri, Jurusan Manajemen Agribisbis, Politeknik Negeri Jember, Ariesia Ayuning Gemaputri, S.Pi, MP (Dosen Pembimbing Utama) dan Dr. Ir. Hari Rujito, MT (Sekertaris).
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Menurut Irawan, Wijaya dan Sudjoni (2001), pemasaran adalah semua kegitan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginannya melalui proses pertukaran. Penjual harus mencari pembeli, menemukan dan memenuhi kebutuhan mereka, merancang produk yang tepat, menentuka harga yang tepat, menyimpan dan mengangkutnya, mempromosikan produk tersebut, menegosiasi dan sebagainya. Semua kegitan tersebut merupakan nilai dari pemasaran. CV. Buana Citra Sentosa merupakan industri menengah yang bergerak dibidang pengolahan produk makanan tradisional yang dikenal dengan nama Gudeg khas daerah Yogyakarta. Ibu Jatu Dwi Kumala Sari yang merupakan pemilik perusahaan CV. Buana Citra Sentosa keturunan generasi ke 4 menjalin kerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan penelitian mengenai pengalengan gudeg, yang akhirnya terciptalah Gudeg Kaleng Bu Tjitro 1925 sebagai pelopor pertama pengalengan gudeg yang memiliki daya simpan cukup lama yaitu 1 tahun. Proses pengambilan barang hingga pemaran yang dilakukan oleh CV. Buana Citra Sentosa adalah pengambilan barang digudang produksi, pengambilan di karantina, barang tiba di gudang, pengambilan produk gudeg kaleng oleh karyawan restoran/salesman, retur, dan turun gudang.
vi
vii
Alur pemasaran CV. Buana Citra Sentosa Yogyakarta menggunakan metode 2 cara, yaitu Direct selling, pemasaran secara tidak langsung (konsinyasi). Direct selling dilakukan dalam menjual gudeg kaleng secara langsung ke konsumen yang biasanya dilakukan oleh sales promotion girls (SPG). Pemasaran secara tidak langsung adalah strategi untuk mempromosikan suatu produk atau jasa yang ditujukan untuk menyentuh pikiran dan perasaan konsumen. Tahapan tahapan dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran di CV. Buana Citra Sentosa meliputi: pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang, (promotion). promosi yang dilakukan oleh CV. Buana Citra Sentosa Yogyakarta melalui beberapa media yaitu brosur, baliho atau banner, dan event.
Detail Information
Bagian |
Informasi |
Pernyataan Tanggungjawab |
POLITEKNIK NEGERI JEMBER |
Pengarang |
SITTI ROBIATUL ADAWIYAH - Personal Name (Pengarang) |
Edisi |
Publish |
No. Panggil |
|
Subyek |
MANAJEMEN AGROINDUSTRI
|
Klasifikasi |
|
Judul Seri |
|
GMD |
Text |
Bahasa |
English |
Penerbit |
PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI |
Tahun Terbit |
2017 |
Tempat Terbit |
JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS |
Deskripsi Fisik |
20 Cm |
Info Detil Spesifik |
|
Citation
SITTI ROBIATUL ADAWIYAH. (2017).
MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK GUDEG KALENG “ BU TJITRO 1925” DI CV. BUANA CITRA SENTOSA YOGYAKARTA(Publish).JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS:PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI
SITTI ROBIATUL ADAWIYAH.
MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK GUDEG KALENG “ BU TJITRO 1925” DI CV. BUANA CITRA SENTOSA YOGYAKARTA(Publish).JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS:PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI,2017.Text
SITTI ROBIATUL ADAWIYAH.
MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK GUDEG KALENG “ BU TJITRO 1925” DI CV. BUANA CITRA SENTOSA YOGYAKARTA(Publish).JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS:PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI,2017.Text
SITTI ROBIATUL ADAWIYAH.
MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK GUDEG KALENG “ BU TJITRO 1925” DI CV. BUANA CITRA SENTOSA YOGYAKARTA(Publish).JURUSAN MANAJEMEN AGRIBISNIS:PROGRAM STUDI MANAJEMEN AGROINDUSTRI,2017.Text